Laman

5 Jun 2011

Yasinan

Hari ini 5 Juni 2011 di rumah ku ada yasinan, kata nyokap (biasa manggilnya MAMAK) sih nama nya yasinan tanjung harapan, mungkin gara-gara kami tinggal nya di tanjung harapan maka nya nama yasinan nya dibuat gitu. Ngomong-ngomong klo di afrika itu ada yasinan juga gg ya.??. Oke, kita lupakan dulu masalah afrika nya, jadi ceritanya semasa aku kecil aku suka banget ikut nyokap pergi yasinan, tak lain dan tak bukan karena aku bisa makan enak dan gratis disana, bukan berarti masakan nangtuha bini kadak nyaman lho ya tapi karena ini tergolong ”gratis”.


Terus aku juga jadi suka yasinan waktu itu karena aku bisa ngumpul sama teman-teman sebaya ku, ya sekitaran umur 4-8tahun lah. Disana kami bisa puas makan-makan dan lari-lari tanpa beban, itu dulu lho ya, sekarang jujur aja aku jengkel kali liat anak-anak yang dating ke yasinan dan kerjanya Cuma lari-larian, saat menua perspektif kita memang cenderung berubah.
Hebatnya kalo ada acara di rumah ini ya semua sodara pada ngumpulan, mulai dari yang udah biasa ke rumah sampe yang mungkin aku gg kenal sama sekali sebagai sodara bisa pada ngumpulan di rumah. Terus asiknya sih pas masih kecil dulu klo sodara-sodara udah pada ngumpul aku selalu aja jadi kaya mendadak. Sodara and nenek hobi banget ngasih aku uang jajan klo mereka pada ngumpul di rumah, pengen nya sih mereka masih menjaga tradisi itu sampe sekarang tapi kayaknya mereka udah mulai perhitungan deh, udah gg mau lagi ngasih aku uang jajan kalo lagi ngumpulan di rumah.
Aku juga teringat sebuah kisah tentang yasinan semasa aku kecil, jadi dulu cerita nya yasinan dirumah ku, waktu itu aku tinggal di lorong papaya. Nah saat yasinan aku bermain di depan rumah, kebetulan disana ada tanah kosong nya, saat sedang asik bermain seorang saudara ku yang berkepribadian “nakal” dengan senang hati mendorong ku ke sumur yang ada di tanah kosong itu, alhasil nyanyian minta tolong berkumandang dari mulutku, syukurlah saat itu aku ditolong oleh seseorang dan berhasil selamat dari jebakan kematian yang diciptakan oleh saudara ku itu. Berkat kejadian itu aku menaruh dendam kepada saudara ku itu, dan sampai sekarang sebenarnya aku masih sakit hati sama dia, untung aja badan nya besar klo gg mungkin udah aku dorong dia ke laut klo ketemu.
Setelah yasinan nya selesai ternyata tak ada kata santai untuk ku, tugas berikutnya adalah “ngantar sodara ke sana-sini, ngantar lauk ke sana-sini”. Yang repot itu nganterin sodara yang agak rewel, ngomong nya banyak banget klo di jalan, cerita ini itu yang aku sama sekali gg ngerti dan pahami, yang asik sih nganterin anak-anak nya tante/om yang aku gg kenal, tapi ini hanya berlaku kalo anak nya cewek aja, klo cowok mah sama aja ngeselin nya.

Btw ada yang tau beda yasinan sama arisan gg sih, dari aku kecil dulu aku gg ngerti gimana bedain nya, soal nya yang aku liat sama aja, sama-sama keluarga pada ngumpul, makan-makan, selesai, pulang..

Okeh, ini dulu cerita nya tentang yasinan dan keluarga ku, kapan-kapan kita cerita lagi ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar