Laman

20 Jun 2011

Mengenang Keceriaan Dimasa Kecil

Mengenang masa-masa kecil dulu adalah hal yg sangat membahagiakan, aku suka senyum sendiri sambil membayangkan masa kecil ku, andai dulu udah ada kamera digital dan komputer mungkin aku udah punya jutaan gambar tentang masa kecilku itu.

Masa kecil tak lepas juga dari lagu-lagu, mulai dari sebelum sekolah aku udah dikenalkan dengan berbagai lagu anak-anak.

Lagu-lagu tersebut masih terngiang dalam ingatan meskipun sudah sejak lebih dari puluhan tahun lalu terdengar dan dinyanyikan.

aku sendiri banyak lupa sama lirik-lirik lagunya, apalagi sama penciptanya, siapa penciptanya aku gatau secara jelas.

Berikut adalah lirik lagu-lagu anak Indonesia. Banyak dari lagu-lagu di bawah ini masih tidak diketahui nama pencipta maupun status hak ciptanya. Tapi ini yang aku inget doang hehe..

Lagu Anak-Anak:



Balonku
Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau DOR!
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat



Lagu Anak-Anak:



Bangun Tidur
Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis Mandi kutolong ibu
Membersihkan tempat tidurku



Lagu Anak-Anak:



Bintang Kecil
Bintang kecil di langit yang tinggi
Amat banyak menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
jauh tinggi ke tempat kau berada



Lagu Anak-Anak:



Bintang Kejora
Kupandang langit penuh bintang bertaburan
Berkelap kelip seumpama bintang berlian
Tampak sebuah lebih terang cahayanya
Itulah bintangku Bintang Kejora yang indah s’lalu



Lagu Anak-Anak:



Bunda Piara
Bila kuingat lelah
ayah bunda
Bunda piara piara akan daku
sehingga aku besarlah
Waktuku kecil hidupku
amatlah senang
senang dipangku dipangku dipeluknya
serta dicium dicium dimanjakan
namanya kesayangan



Lagu Anak-Anak:



Burung Kakaktua
Burung kakaktua
Hinggap di jendela
Nenek sudah tua
Giginya tinggal dua
Trek-jing … trek-jing …
Trek-jing tra-la-la
Trek-jing … trek-jing …
Trek-jing tra-la-la
Trek-jing … trek-jing …
Trek-jing tra-la-la
Burung kakaktua



Lagu Anak-Anak:



Burung Kutilang
dipucuk pohon cempaka
burung kutilang berbunyi
bersiul, siul sepanjang hari
dengan tak jemu jemu
mengangguk angguk sambil berseru
trilili lili lilili
sambil berlompat lompatan
paruhnya slalu terbuka
digeleng gelengkan kepalanya
mnentang langit biru
tandanya ia suka berseru
trilili lili lilili



Lagu Anak-Anak:



Cicak-cicak di Dinding
Cicak-cicak di dinding
diam diam merayap
datang seekor nyamuk
hap … lalu ditangkap



Lagu Anak-Anak:



Dua Mata Saya
Dua mata saya
hidung saya satu
dua kaki saya pakai sepatu baru dua telinga saya yang kiri dan kanan satu mulut saya
tidak berhenti makan



Lagu Anak-Anak:



Gelang Sipaku Gelang
gelang sipaku gelang
gelang si rama rama
mari pulang
marilah pulang
marilah pulang
bersama-sama
mari pulang
marilah pulang
marilah pulang
bersama-sama
Sayonara sayonara
Sampai berjumpa pulang
Sayonara sayonara
Sampai berjumpa pulang
Buat apa susah Buat apa susah
Susah itu tak ada gunanya



Lagu Anak-Anak:



Kasih Ibu
Kasih ibu,
kepada beta
tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi,
tak harap kembali,
Bagai sang surya, menyinari dunia.



Lagu Anak-Anak:



Kebunku
Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!



Lagu Anak-Anak:



Kring Kring…
(1)
Kring-kring-kring ada sepeda
Sepedaku roda tiga
Kudapat dari ayah
karena rajin belajar
(2)
Tok-tok-tok ada sepatu
Sepatuku kulit lembu
Kudapat dari ibu
karena rajin membantu



Lagu Anak-Anak:



Layang-layang
Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang
Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang



Lagu Anak-Anak:



Naik Delman
Pada Hari Minggu ku turut ayah ke kota
naik delman istimewa ku duduk di muka
Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja
mengendarai kuda supaya baik jalannya
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara s’patu kuda



Lagu Anak-Anak:



Naik Gunung
Naik – naik, ke puncak gunung
tinggi – tinggi sekali
Naik – naik, ke puncak gunung
tinggi – tinggi sekali
Kiri – kanan kulihat saja
banyak pohon cemara
Kiri – kanan kulihat saja
banyak pohon cemara



Lagu Anak-Anak:



Naik Kereta Api
Naik kereta api … tut … tut … tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung … Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo temanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama
Cepat kretaku jalan …tut…tut…tut
Banyak penumpang turut
K’retaku sudah penat
Karena beban terlalu berat
Di sinilah ada stasiun
Penumpang semua turun



Lagu Anak-Anak:



Nina Bobo
Nina bobo oh nina bobo
Kalau tidak bobo digigit nyamuk
Tidurlah sayang, adikku manis…
Kalau tidak bobo digigit nyamuk



Lagu Anak-Anak:



Pelangi
Pelangi pelangi
alangkah indahmu
Merah, kuning, hijau
di langit yang biru
Pelukismu Agung, siapa gerangan
Pelangi, pelangi, ciptaan Tuhan!



Lagu Anak-Anak:



Pergi Belajar
oh, ibu dan ayah, selamat pagi
kupergi sekolah sampai kan nanti
ibu dan ayah:
selamat belajar nak penuh semangat
rajinlah selalu tentu kau dapat
hormati gurumu sayangi teman
itulah tandanya kau murid budiman



Lagu Anak-Anak:



Satu satu aku sayang ibu
Satu satu, aku sayang ibu!
Dua dua, juga sayang ayah!
Tiga tiga.. sayang adik kakak!
Satu-dua-tiga, sayang semuanya!



Lagu Anak-Anak:



Selamat Ulang Tahun
Selamat
Ulang tahun,
Kami ucapkan.
Selamat
Panjang umur!
Kita ‘kan doakan.
Selamat
Sejahtera, sehat sentosa!!
Selamat panjang umur
dan bahagia!



Lagu Anak-Anak:



Soleram
Soleram soleram
Soleram anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya



Lagu Anak-Anak:



Topi Saya Bundar
Topi saya bundar.
Bundar topi saya.
Kalau tidak bundar,
bukan topi saya!



Lagu Anak-Anak:



Anjing kecil
Aku punya anjing kecil
Kuberi nama Helly
Dia senang bermain-main
Sambil berlari-lari
Helly! Guk! Guk! Guk!
Kemari! Guk! Guk! Guk!
Ayo lari-lari…
Helly! Guk! Guk! Guk!
Kemari! Guk! Guk! Guk!
Ayo lari-lari



Lagu Anak-Anak:



Kupu-Kupu
Kupu-kupu yang lucu
kemana engkau terbang
hilir mudik mencari
bunga-bunga yang kembang
berayun ayun
pada tangkai yang lemah
tidakkah sayapmu
merasa lelah



Lagu Anak-Anak:



NAIK BECAK
saya mau tamasya
berkeliling keliling kota
hendak melihat-lihat keramaian yang ada
saya panggilkan becak
kereta tak berkuda
becak, becak, coba bawa saya
saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
melihat dengan asyik
ke kanan dan ke kiri
lihat becakku lari
bagaikan tak berhenti
becak, becak, jalan hati-hati



Lagu Anak-Anak:



NENEK MOYANGKU
nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa
angin bertiup layar terkembang
ombak berdebur di tepi pantai
pemuda b’rani bangkit sekarang


Lagu Anak-Anak:



Aku Seorang Kapiten
Aku seorang Kapiten
Mempunyai pedang panjang
Kalau berjalan prok-prok-prok
Aku seorang Kapiten


Gimana..?? Apakah diantara kalian masih ada yang ingat dengan lagu itu serta kenangan nya..??

Semoga anak-anak sekarang tak hanya tau lagu ST12, T2, Dewa, SintaJojo, Armada, SM*SH, 7 Icons, suju, shine dan kawan-kawan nya. Aku sangat berharap anak-anak bernyanyi lagu anak-anak, Aku rindu masa kecil ku dulu.. :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar